Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Tingkat Kabupaten Bekasi

JABODETABEK1 Dilihat

Bencana adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang berpotensi atas keberlangsungan kehidupan manusia seperti yang Biasa disebabkan oleh alam (Potensi Alam) Seperti Bencana Alam Contohnya: Banjir, Longsor, Gempa, Gunung Meletus, Tsunami, Dll. Effek yang paling buruk adalah timbulnya korban jiwa, Rusaknya lingkungan, Dan Seluruh barang berharga bisa hilang dan hancur Pada saat timbulnya bencana.

Resiko bencana pasti akan selalu ada, Kerugian yang disebabkan oleh bencana pada suatu tempat pada suatu daerah pasti selalu ada. Lain lagi dalam suatu kejadian bencana Kematian, Luka, Sakit, Kehilangan orang Terdekat, Pasti akan melahirkan sebuah hal membekas, Seperti ketakutan, Hilangnya rasa aman, dan terganggunya struktur kehidupan yang seharusnya. Maka dari itu banyak upaya yang dilakukan Pemerintah terutama di kabupaten bekasi untuk sedikit mengurangi resiko pada saat bencana dengan membentuk (FPRB) Yaitu Forum Pengurangan Resiko Bencana Tingkat Kabupaten Bekasi.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan dibentuknya forum Ini Yaitu mengajak peran serta atau partisipasi masyarakat (pentahelix), yang terdiri dari dunia usaha, akademisi, komunitas, pemerintah dan media untuk bersama-sama mengurangi resiko bencana dengan membentuk wadah Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi. dalam upaya pembentukan FPRB, dapat dipelajari dan dibandingkan dari kejadian bencana tsunami yang terjadi di Aceh dengan tsunami di Jepang yang kekuatannya hampir sama tetapi angka jumlah korbannya sangat berbeda secara signifikan.

Perlu memperhatikan keadaan lingkungan atau sungai yang perlu dilakukan oleh semua pihak untuk mengurangi resiko bencana banjir dan bencana lainnya seperti abrasi, longsor, kebakaran dan bencana lainnya agar dapat lebih terkelola, Forum ini dibuat agar upaya yang sekarang sudah dilakukan bisa saling menguatkan. (FPRB) akan dibentuk hingga tingkat Kecamatan dan Desa di Kabupaten Bekasi sesuai dengan program Destana (desa tangguh bencana) yang sudah ada.

“Destana itu programnya, nanti tapi penggeraknya dari FPRB. Sekarang saya akan instruksikan kepala-kepala desa melalui kegiatan penanggulangan bencana, yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanggulangan jika terjadi, dan pemulihan pasca bencana.” Ujar Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Hendri Lincoln, Hendri Lincoln berharap dengan adanya forum ini indeks bencana akan berkurang, Destana & satuan pendidikan tangguh bencana bisa tuntas disemua desa.

Penulis: Caesar Muhammad Ayub

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *