Musrenbang Cikarang Pusat, Prioritaskan Pembangunan BLK

BERITA UTAMA1 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Kecamatan Cikarang Pusat mendapat kucuran anggaran pembangunan untuk tahun 2023 dari APBD Kabupaten Bekasi sebesar Rp 43 miliar dari total 79 kegiatan.

“Ya, untuk kegiatan pembangunan tahun anggaran 2023, hasil Musrenbang tahun 2022, Kecamatan Cikarang Pusat mendapat anggaran pembangunan sekitar Rp 43 miliar dari total 79 kegiatan di enam desa,” kata Camat Cikarang Pusat, Edward Sutarman pada Musrenbang tingkat kecamatan, di Hotel Sakura Park, Sukamahi, pada Selasa (14/2/2023).

Edward mengungkapkan, hasil dari Musrenbang Desa tahun 2023 telah diinput usulan sebanyak 410 kegiatan dengan 10 skala prioritas per desa, melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan telah terverifikasi.

Edward menuturkan, salah satu usulan yang sangat prioritas yakni pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai upaya menyiapkan skill dan keterampilan bagi para pencari kerja. Ia mengakui, penyerapan tenaga kerja dari warga Cikarang Pusat di kawasan industri, sejauh ini masih belum optimal.

“Dengan diusulkannya pembangunan BLK tahun 2024 nanti, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia, agar mumpuni skill dan keterampilannya, sehingga dapat berdaya saing dengan pencari kerja dari luar kabupaten bekasi,” terangnya.

Edward menyebutkan, untuk lahan yang akan dibangun BLK, pihaknya sudah mendapatkan dari Deltamas sekitar 1000 meter persegi. Ia berharap, tahun 2024 pembangunan BLK dapat terealisasikan.

“Sehingga nantinya ada dua BLK, satu di utara dan satu lagi di selatan,” ujarnya.