Tangani Tanggul Citarum Jebol di Muaragembong, Pemkab Bekasi Koordinasi dengan BBWS

BERITA UTAMA1 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, untuk mengatasi jebolnya tanggul Citarum di Kampung Solokan Kendal, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Senin (23/1/2023).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, terkait jebolnya tanggul di lokasi tersebut, sudah ditanggapi langsung pada pihak BBWS Citarum. Bahkan, kata dia, pihak BBWS akan turun langsung untuk melakukan penanganan atas jebolnya tanggul tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BBWS untuk dilakukan penanganan. Meskipun, sudah ditangani di tahun sebelumnya. Tapi ternyata, tingkat erosi di sekitar tanggul sangat kuat, sehingga BBWS menjanjikan, akan segera turun,” ujarnya, saat ditemui usai rapat evaluasi anggaran, di Kantor Bupati Bekasi, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat pada Selasa (24/1/2023).

Sementara itu, Camat Muaragembong, Lukman Hakim menyampaikan, untuk penanganan awal, pemerintah setempat bersama masyarakat, bergotong-royong menutupi sementara dinding tanggul yang jebol dengan karung yang diisi material tanah.

“Tanggul jebol ini terjadi di dua titik, pertama di Kampung Solokan Kendal Desa Pantai Bahagia, dan yang kedua di Kampung Kedung Bokor Desa Pantaibakti, dimana keduanya sempat diperbaiki di awal tahun 2022 oleh BBWS Citarum,” terangnya.

Lukman Hakim menuturkan, sebagai langkah antisipasi, pihaknya bersama Muspika Kecamatan Muaragembong, melakukan mitigasi bencana, dengan menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul pengungsian.

“Ya, kami menyiapkan pra evakuasi, jalur evakuasi dan tikum pengungsi, sebagai langkah antisipasi sambil menunggu penanganan lebih lanjut,” ujarnya.