Pj Bupati Bekasi Lakukan Kick Off Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tingkat Jawa Barat

BERITA UTAMA1 Dilihat

TAMBUN SELATAN – Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke-76 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Kick off rangkaian kegiatan Hari Koperasi tingkat Jawa Barat, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di Halaman Museum Digital Gedung Juang Tambun Selatan pada Rabu (12/07/2023).

“Ya, jadi bicara koperasi itu tidak jauh dari UMKM juga, di sini ada juga pelatihan UMKM, sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga rangkain kegiatan ini terus berjalan sampai tanggal 27 Juli,” katanya.

Dani menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah penyelenggaraan hari Koperasi Nasional di tingkat provinsi agar koperasi di Kabupaten Bekasi bisa meningkat ke Nasional maupun internasional.

“Seperti koperasi karyawan, simpan pinjam serta produksi, sehinga dengan koperasi kita percaya akan bisa meraih sejahtera bersama, mari jadikan Kabupaten Bekasi selain kota industri juga adalah sebagai kabupaten Koperasi,” terangnya.

Dani Ramdan berharap, peringatan Hari Koperasi tidak hanya berhenti ditataran seremonial, perayaan dan pameran, tapi harus dijadikan momentum bangkitnya koperasi di Kabupaten Bekasi.

Selain itu, peringatan Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 ditandai dengan disahkannya Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro oleh DPRD Kabupaten Bekasi, pada Selasa (11/07/2023).

“Dengan adanya Perda ini, kami berharap koperasi di Kabupaten¬† Bekasi semakin terpayungi dan adanya dukungan fasilitasi dari pemerintah daerah, karena soko guru perekonomian bangsa ada di koperasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengatakan, puncak acara Hari Koperasi ke-76  tingkat Jawa Barat akan digelar pada 27-29 Juli 2023 di Central Park Meikarta Cikarang Pusat yang akan di hadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Rangkaian kegiatan Hari Koperasi tingkat Jawa Barat diantaranya gelar produk koperasi dan UMKM, kampanye simpatik berkoperasi, pemberian gerobak dari Baznas Kabupaten Bekasi, pelatihan kewirausahaan, donor darah dan sosialisasi jaminan kecelakaan kerja,” katanya.

Ida mengatakan, kegiatan ini dari berbagai peserta yang berkontribusi diantaranya koperasi masyarakat umum serta koperasi diberbagai perusahaan.

“Jadi mereka berpartisipasi dievent kegiatan lomba seperti bersepeda santai, fashion jadi kita membuka bagi siapapun yang memeriahkan kegiatan acara ini,” katanya.