Semarak MTQ Sukawangi, Tampilkan Pawai Taaruf hingga Bazar UMKM

BERITA UTAMA1 Dilihat

SUKAWANGI – Pemerintah Kecamatan Sukawangi menyelenggarakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan yang berlangsung di plaza Kecamatan Sukawangi, pada Selasa (25/07/2023).

Camat Sukawangi, Parno Martono menyampaikan, melalui kegiatan MTQ ini sepatutnya mampu menggugah, menjadi daya tarik, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an.

“Saya memiliki harapan, MTQ yang telah membudaya di masyarakat kita. Selain berkembang dari segi syi’ar dan kualitas penyelenggaraannya. Juga dapat mewarnai wajah umat Islam dan bangsa Indonesia,” ungkapnya saat memberi sambutan pada pembukaan MTQ tersebut.

Parno mengungkapkan, meskipun rutin diselenggarakan setiap tahunnya, maksud dan tujuan MTQ tidak hanya sebatas prestasi. Namun yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur’an.

“Dengan kegiatan MTQ, dapat dijadikan ruang, media dakwah, serta syiar keagamaan yang efektif. Jadikan MTQ ini sebagai stimulan untuk meningkatkan penghayatan kecintaan dan pengamalan ajaran Islam yang Rahmatan lil alamin,” tegasnya.

Ketua Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Kecamatan Sukawangi, Katmojo Atmodarminto mengakui, rangkaian acara MTQ tahun ini begitu semarak serta disambut antusias dan suka cita oleh masyarakat sekitar.

Hal tersebut tampak dari iringan pawai taaruf tujuh desa yang menampilkan ciri khas wilayahnya masing-masing dengan mengenakan pakaian adat pangsi Betawi serta pertunjukan beladiri.

Atmo menuturkan, pada MTQ tahun ini, panitia mengadakan perlombaan Murotal Qur’an, Hafalan Qur’an, Qasidah, Saritilawah, serta Kaligrafi yang diikuti oleh perwakilan peserta dari tujuh desa. Peserta yang menjadi juara dalam lomba MTQ ini akan mewakili lomba MTQ tingkat Kabupaten.

“Kita rencananya tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Bekasi, jika melihat antusias peserta mengikuti kegiatan tadi, kami optimis generasi muda di Sukawangi ini dapat meraih prestasi untuk mewakili Kecamatan pada event MTQ tingkat Kabupaten mendatang,” Ungkapnya.

Pada acara MTQ Tingkat Kecamatan Sukawangi ini, Atmo juga mengapresiasi keterlibatan Forum UMKM Sukawangi yang turut andil memeriahkan acara tersebut dengan membuka Stand Bazar UMKM.

“Tadi juga kita memberikan ruang kepada UMKM untuk ikut menyemarakkan kegiatan ini. Selain mendorong daya jual, hal ini juga sangat bagus untuk pengembangan produk asli Sukawangi,” tandasnya