Gandeng UNPAD, Pertamina Hadirkan SPBU Modern Di Kawasan Pendidikan Jatinangor

Kab. Sumedang (BRS) – Sebelum Tol Cipali beroperasi, jalur tengah Jawa Barat (Jabar), yaitu Sumedang, menjadi salah satu pilihan warga saat melakukan perjalanan liburan, baik saat Natal, Tahun Baru ataupun Lebaran untuk menuju Palimanan Cirebon.

Saat ini, lintas tengah Jabar menjadi pilihan warga lokal yang masih ingin menikmati sensasi jalan berkelok dan pemandangan sawah serta tebing di sepanjang jalur tersebut.

“Kami ingin melengkapi jalur ini, untuk itu kami perkuat pasokan bahan bakar minyak (BBM) nya dengan adanya SPBU Company Own Company Operate (COCO) di Jalan Raya Jatinangor Sumedang ini,” ucap Direktur Utama Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan di Bale Pabukon UNPAD, Jatinangor Sumedang, Senin (13/11/2023).

“Keberadaan SPBU COCO cukup modern dan baik karena ini ada di jalur arteri yang menjadi lintasan utama orang, baik dari luar kota yang exit tol di Cileunyi lalu ke jalur tengah, ataupun yang dari Bandung ke Cirebon melintasi jalur Sumedang,” ungkap Riva.

“Ini kan one stop service ya, siapa saja bisa memanfaatkannya. Bisa mahasiswa karena berdekatan dengan kampus, atau masyarakat sekitar,” imbuh Riva.

SPBU milik Pertamina ini, lanjut Riva, juga bisa menjadi alternatif untuk rest area karena berbagai fasilitas yang disediakan, mulai dari mushola, toilet, dan minimarket.

“Di sini kita juga jalin kerjasama dengan UNPAD. Gedung Bale Pabukon ini berdiri di lahan milik pemerintah, dikelola UNPAD,, lalu kita kerjasama dan menghadirkan SPBU, bahkan ini ada working space, bisa juga gerai untuk hasil UMKM binaan UNPAD. Jadi ini skema bisnisnya non fuel retail (NFR),” papar Riva.

Diharapkan kehadiran SPBU ini dapat menjadi percontohan, selain menyediakan produk BBM pilihan dalam rangka menghadirkan energi ramah lingkungan, juga kawasan SPBU yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang hingga kawasan bisnis untuk publik.

Sementara itu, Rektor Unpad, Prof Dr Rina Indiastuti menegaskan bahwa kerjasama dengan Pertamina ini sudah memenuhi kaidah yang berlaku, dan dipastikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.