Bazar Ramadan Promosikan Produk Olahan Ikan

CIKARANG PUSAT – Dinas Perikanan menggelar bazar Ramadan Produk Perikanan, hasil olahan Ikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bazar tersebut dilaksanakan setiap hari Jumat, 15 dan 22 Maret 2024 di luar Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, Jumat (22/3/2024).

Berbagai olahan ikan produk UMKM binaan Dinas Perikanan dari mulai Bandeng Presto, Bandeng Soraya, berbagai olahan Ikan Lele dan Patin, di jajakan. Begitupun dengan produk olahan kering lain seperti keripik hingga jenis makanan basah lainnya.

“Yang paling banyak dicari ikan basah dan udang. Harga ikan, di bazaar ini standar, lebih murah karena tidak melalui pihak ketiga. Langsung dari nelayan Muara Gembong,” ujar Staf Bidang Penguatan Daya Saing (PDS) Dinas Perikan, Kabupaten Bekasi Syaifuddin saat ditemui di lokasi Bazar.

Pada bazar kedua di bulan Ramadan ini, antusias warga masyarakat mulai ramai. Bahkan, untuk pedagang ikan basah, bisa meraup omset sebesar Rp 1,5 juta. Hal ini membuktikan, bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap ikan basah di Kabupaten Bekasi.

“Di sini sangat efektif dalam pengenalan produk olahan ikan. Karena langsung dengan masyarakat. Biasanya, kita buka satu bulan sekali di Minggu ketiga lokasinya di dalam Pemda,” katanya.

Syaifuddin menambahkan, hasil koordinasi bazar Ramadan lanjutan akan dilaksanakan hari Rabu 27 Maret 2024.

“UMKM sendiri yang fokus pada olahan jenis perikanan di Kabupaten Bekasi ada 255 tersebar di seluruh Kabupaten Bekasi. Sementara, untuk bazaar ini hanya diikuti 12 saja, karena tempat yang terbatas,” tukasnya.