Pelajar dan Kader PKK di Kecamatan Babelan Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

BABELAN – Dalam upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan maupun peredaran Narkotika dan obat berbahaya terlarang, Kecamatan Babelan menyelenggarakan sosialisasi bahaya narkoba bagi para pelajar dan kader PKK.

Acara berlangsung di balai pertemuan Dariza Sport Club Ujung Harapan Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, pada Senin (20/11/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi dan Polsek Babelan dengan dihadiri perwakilan siswa-siswi dari SMAN 1, 2, 4 Babelan, SMK Magda Nusantara dan Tim Penggerak PKK desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Babelan.

Kepala Bidang Pencegahan BNK Kabupaten Bekasi, Jumarwan mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang. Tujuannya sebagai upaya pencegahan tentang penyalahgunaan narkoba terhadap generasi penerus bangsa.

“Ya, supaya semuanya bisa tahu bahwa peredaran narkoba itu seperti apa di kalang masyarakat, dimana paling banyak dan marak penyalahgunaan obat terlarang seperti eximer, tramadol maupun lainnya,” ujarnya.

Sekretaris Camat (Sekcam) Babelan, Beny Yusnandar mengatakan, kegiatan ini untuk mengantisipasi bahaya narkoba bagi para pelajar, karena penyalahgunaan narkoba bisa berdampak pada keberlangsungan hidup di masa yang akan datang.

Menurutnya, para pelajar merupakan generasi penerus bangsa sehingga gencarnya sosialisasi narkoba sangat penting untuk menekan angka pengguna narkoba di kalangan masyarakat maupun pelajar.

“Peran orang tua kita sangat penting harus terus melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya, baik di lingkungan bermain maupun di sekolah dan luar sekolah, jangan sampai terjadi memakai atau mengunakan narkoba,” ujarnya.

Beny menjelaskan, penyuluhan bahaya narkoba ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setahun sekali. Dimana generasi muda khususnya para pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus sejak dini dibekali pengetahuan dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kita sama-sama selamatkan generasi muda kita supaya tidak terjerat oleh barang-barang haram seperti narkoba, adanya TP PKK ini mereka juga bisa memberikan edukasi tetang bahaya narkoba terhadap orang tua di wilayah masing-masing baik desa maupun kelurahan,” ucapnya.

Dirinya mengimbau kepada para pelajar yang ada di setiap sekolah agar menjauhi narkoba, karena penyalahgunaannya sangat mempengaruhi kondisi fisik maupun kejiwaan.

“Mudah-mudahan himbauan bahaya narkoba bisa disampaikan juga kepada teman-teman yang ada di sekolah, bahwa generasi yang menyalah gunakan narkoba sulit untuk menjadi generasi yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Guru dari SMA Negeri 4 Babelan, Lingga Wisnu Carita menyampaikan terimakasih kepada Kecamatan Babelan dengan narasumber dari BNK Kabupaten Bekasi dan Polsek Babelan, dengan diadakan sosialisasi kepada para pelajar, agar semakin paham serta sadar bahaya dari narkoba.

“Sangat bermanfaat sekali bagi siswa-siswi kami dan kita jadi tahu bahaya terhadap narkoba maupun mencegah penyebarannya,” katanya.