Wamenaker Apresiasi Perusahaan Di Kabupaten Bekasi Yang Gelar Mudik Gratis

CIKARANG PUSAT – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengapresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menggelar mudik gratis untuk pekerjanya. Terutama, perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Bekasi.

Baginya, mudik gratis dapat membuat hubungan industrial di perusahaan menjadi lebih harmonis. para pekerja betul-betul merasakan lebih diperhatikan oleh perusahaan, dengan begitu nantinya produktivitas para pekerja menjadi meningkat.

Tidak hanya itu, Kementerian Ketenagakerjaan mendorong partisipasi dunia usaha untuk memfasilitasi mudik lebaran gratis atau mudik bersama bagi pekerja/buruh menjelang perayaan lebaran.

Hal itu disampaikannya usai melepas mudik ceria, yang dilaksanakan PT. Kayaba, Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (4/4/2024) dini hari.

“Terima kasih kepada manajemen sudah membangun keharmonisan dengan karyawan. Kita akan bangun imbauan di seluruh perusahaan yang ada di Indonesia, kalau ada karyawannya yang mau mudik agar difasilitasi oleh perusahaan, ” ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Kamis (4/4/42024) malam.

Afriansyah melepas mudik 165 orang karyawan bersama keluarganya dengan 3 unit bus tujuan Solo dan Yogyakarta, tepat jam 23.30 wib.

“Kenapa dipilih waktu malam? Karena ini persetujuan pekerja dengan manajemen. Setelah selesai bekerja shift malam jam 22.30, mereka langsung berangkat dan keluarganya langsung datang ke perusahaan/pabrik untuk sama-sama mudik, ” katanya.

Afriansyah mengatakan atas pelaksanaan mudik gratis yang digelar perusahaan merupakan bukti perusahaan memiliki kepedulian yang tinggi kepada pekerja. Kemnaker sangat menghargai peran serta perusahaan yang telah mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah, melalui kegiatan mudik bersama ini.

“Mudah-mudahan manajemen, serikat pekerja dengan Kementerian yang mewakili pemerintah bisa membangun hubungan industrial tetap harmonis,” tukasnya.